Toleransi Hidup Beragama
Oleh: Eko Mardiono
A. Fitrah Manusia: Ingin Semua Keluarganya Beriman
A. Fitrah Manusia: Ingin Semua Keluarganya Beriman
Nabi Muhammad SAW sendiri juga demikian ketika pamannya Abu Talib sampai akhir hayatnya tidak beriman kepada Allah SWT. Ayat Alquran dan Hadis Nabi berikut ini merekam peristiwa peristiwa tersebut.
انك لا تهدى من أحببت ولكن الله يهدى من يشاء وهو أعلم بالمهتدين (القصص:56)
عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لعمه عند الموت: "قُلْ لا إِلَهَ إِلا الله أَشْهَد لَكَ بِها يَوْمَ القِيامَةِ" قال: لولا أن تعيرني قريش لأقررت عينك، فأنزل الله: (إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ) ... الآية (تفسير الطبري - (ج 19 / ص 598)
“…Abu Talib (pamannya) berkata, "Sekiranya aku tidak takut wanita-wanita Quraisy akan mencelaku dengan menyatakan bahwa aku beriman karena terpaksa, tentu aku akan mengucapkannya dengan kesaksianmu….." (HR Muslim dan lain-lain).
B. Tetap Akan Berupaya Walaupun Saudaranya Telah Meninggal Dunia
Nabi Muhammad SAW pun pernah mengalami seperti itu.
ولا تصل على أحد منهم مات أبدا ولا تقم على قبره انهم كفروا بالله ورسوله وماتوا وهم فاسقون (التوبة : 84)
Dalam suatu riwayat dikemukakan, ketika Abdullah bin Ubay meninggal dunia, datanglah anaknya kepada Rasulullah SAW meminta gamis beliau untuk kafan bapaknya. Rasulullah SAW memberikannya.
Ia pun meminta agar Rasulullah bersedia menyalatkan mayat bapaknya. Ketika Rasulullah SAW akan menyalatkannya, Umar bin khattab berdiri memegang baju Rasulullah dan berkata, "Ya Rasulullah apakah tuan akan menyalatkan dia padahal Allah telah melarang menyalatkan kaum munafiq?"
Beliau menjawab, "Allah menyuruhku memilih dengan firman-Nya,
Ia pun meminta agar Rasulullah bersedia menyalatkan mayat bapaknya. Ketika Rasulullah SAW akan menyalatkannya, Umar bin khattab berdiri memegang baju Rasulullah dan berkata, "Ya Rasulullah apakah tuan akan menyalatkan dia padahal Allah telah melarang menyalatkan kaum munafiq?"
Beliau menjawab, "Allah menyuruhku memilih dengan firman-Nya,
تستغفر لهم أو لا تستغفر لهم ان تستغفر لهم سبعين مرة (التوبة: 80 )
Dan sekiranya aku tahu bahwa dosanya akan diampuni dengan dimintakan ampunan lebih dari tujuh puluh kali, pasti aku akan melakukannya." Maka Umar berkata lagi, "Ia itu seorang munafiq."
Namun Rasulullah tetap menyalatkannya. Maka turunlah ayat ini sebagai larangan menyalatkan orang yang mati dalam keadaan kafir dan munafiq.
Sejak turun ayat tersebut, Rasulullah tidak mau lagi menyalatkan kaum munafiqin (HR Asy-Syaikhani dari Ibnu Umar, Umar, Anas, Jabir dan lain-lain.
C. Dalam hal Muamalah Harus Saling Membantu
Harus ada toleransi dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. Orang Islam boleh bersedekah kepada orang musyrik (kafir).
Namun Rasulullah tetap menyalatkannya. Maka turunlah ayat ini sebagai larangan menyalatkan orang yang mati dalam keadaan kafir dan munafiq.
Sejak turun ayat tersebut, Rasulullah tidak mau lagi menyalatkan kaum munafiqin (HR Asy-Syaikhani dari Ibnu Umar, Umar, Anas, Jabir dan lain-lain.
C. Dalam hal Muamalah Harus Saling Membantu
Harus ada toleransi dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. Orang Islam boleh bersedekah kepada orang musyrik (kafir).
ليس عليك هدىهم ولكن الله يهدى من يشاء وما تنفقوا من خير فلأنفسكم وما تنفقون الا ابنغاء وجه الله وما تنفقوا من خير يوف اليكم وأنتم لا تظلمون (البقرة : 272)
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ada orang-orang yang tidak rela memberi sedikit pun dari hartanya kepada keluarganya yang musyrik.
Ketika mereka bertanya kepada Rasulullah, beliau membenarkannya, maka turunlah Al-Baqarah : 272 yang membolehkan memberi sedekah kepada kaum musyrikin (HR An-Nasa'i, Al-Hakim, Ath-Thabari dan lain-lain dari Ibnu Abbas).
Ketika mereka bertanya kepada Rasulullah, beliau membenarkannya, maka turunlah Al-Baqarah : 272 yang membolehkan memberi sedekah kepada kaum musyrikin (HR An-Nasa'i, Al-Hakim, Ath-Thabari dan lain-lain dari Ibnu Abbas).