Header Ads

Program Kerja KUA Kalasan Tahun 2017


A. Peningkatan Kualitas dan Kompetensi SDM
  1. Melaksanakan pengukuran hasil capaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi  Kerja (PPK) Tahun 2016;
  2. Menetapkan uraian tugas pegawai dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2017;
  3. Melaksanakan pembinaan pegawai; 
  4. Melaksanakan rapat koordinasi.
  5. Melaksanakan tadarus dan Kajian Tematik Mingguan.
B. Peningkatan Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Pencatatan dan Pelaporan NTCR
  1. Melaksanakan pelayanan pendaftaran, pengawasan dan pencatatan nikah dan rujuk; 
  2. Melaksanakan pencatatan talak dan cerai; 
  3. Melaksanakan operasionalisasi program Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah); 
  4. Melaksanakan sharing dan koordinasi data nikah, rujuk, talak, dan cerai dengan Dinas Kependudukan dan Capatan Sipil Kabupaten; 
  5. Menyelenggarakan pembinaan kepenghuluan.
C. Peningkatan Kualitas, akurasi dan validitas dokumentasi dan statistis

  1. Menata dan menertibkan data, arsip, dan pelaporan serta keuangan;
  2. Melaksanakan up date data kepegawiaan melalui aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG);
  3. Melaksanakan up date data Penerangan Agama melalui aplikasi Sistem Informasi Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS);
  4. Melaksanakan publikasi Data Nikah Bulanan melalui Media Sosial (Blog KUA Kalasan);
  5. Up date data melalui aplikasi Si-KAU (Sistem Informasi KUA)
D. Peningkatan Pelayanan Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Sakinah 
  1. Menyelenggarakan Kursus Calon Pengantin; 
  2. Menyelenggarakan pembinaan Pra nikah; 
  3. Menyelenggarakan pembinan Pasca Nikah;
  4. Melaksanakan pencanangan dan sosialisasi Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS); 
  5. Melaksanakan pemberdayaan organisasi BP4 Kecamatan; 
  6. Mengefektifkan konsultasi keluarga;
E. Optimalisasi pelayanan dan pembinaan Wakaf dan ZIS
  1. Menertibkan administrasi dan dokumen perwakafan; 
  2. Melayani permohonan pengawasan dan pencatatan peristiwa ikrar wakaf; 
  3. Melaksanakan pendataan dan pelaporan tanah wakaf; 
  4. Melaksanakan pembinaan nadzir wakaf; 
  5. Melaksanakan up date data Wakaf melalui aplikasi Sistem Informasi Wakaf (SIWAK);
  6. Memberdayakan  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan;
  7. Melaksanakan Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat, Infaq/Shodaqoh; 
F. Optimalisasi Pembinaan Kemasjidan dan Kemitraan Umat Islam; 
  1. Melaksanakan pendataan Masjid, Musholla, Langgar;
  2. Input dan up date data kemasjidan melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS);
  3. Menyelenggarakan Pembinaan dan atau Rapat Koordinasi dengan Lembaga Keagamaan.
G. Optimalisasi Pelayanan pembinaan Haji
  1. Melaksanakan pendataan Jama'ah Haji dan Calon Haji;
  2. Melaksanakan Pengajian Pra Manasik Haji;
  3. Menyelenggarakan Pembinaan Manasik Haji;
  4. Melakukan koordinasi dengan IPHI dalam pembinaan kemabruran haji. 
H. Peningkatan Kualitas Penyuluhan Agama Islam serta pembinaan/bimbingan syari'ah
  1. Menyelenggarakan koordinasi dan Pembinaan Penyuluh Agama Non PNS.
  2. Menyelenggarakan Kajian Tematik;
  3. Menyelenggarakan Pelatihan Imam dan Khatib;
  4. Melayani permohonan pengukuran arah kiblat; 
  5. Melakukan pendataan tempat penyembelihan hewan dan tukang pemotong hewan. 
  6. Melaksanakan sosialisasi dan atau pembinaan pengukuran arah kiblat dan konsumsi produk halal.
Diberdayakan oleh Blogger.